10 Cara Merawat Hardisk Eksternal 500 GB

10 Cara Merawat Hardisk Eksternal 500 GB

Radarcirebon.com - Berikut 10 cara merawat hardisk eksternal 500 GB. Tanpa perawatan yang baik, bisa berfungsi tidak maksimal bahkan rusak.

“Hard drive eksternal tiba-tiba berhenti bekerja”… kalimat itu sendiri sangat menakutkan untuk dibaca, mengingat banyak data penting yang tersimpan di hard drive eksternal kita.

Jika Anda tak ingin hal itu terjadi, maka rawatlah hard drive eksternal Anda dengan benar dan jauhkan dari berbagai sumber masalah.

Di sini, kami telah membuat daftar beberapa teknik sederhana yang dapat membantu Anda dalam memperpanjang masa pakai hard drive eksternal, termasuk hardisk external 500 GB milik Anda.

Baca juga:

Perhatikan, ketika hard drive berhenti bekerja, jangan serta merta menganggap itu rusak. Pertama, periksa apakah kabel USB-nya terhubung dengan benar atau tidak. Jika tidak, hubungkan dengan benar.

Berikut adalah tips merawat hardisk external 500 GB agar selalu awet.

  1. Hindari Kerusakan Fisik. Ada beberapa faktor fisik yang menyebabkan error pada hard drive eksternal, seperti debu, api, fluktuasi daya, dan lainnya. Memang sulit untuk menangani hal-hal ini, tetapi Anda harus berhati-hati dan merawat drive Anda dengan benar untuk menjauhkannya dari segala macam error.
  2. Pantau Kesehatan Hard Drive Eksternal. Anda dapat mengawasi kesehatan hard drive Anda menggunakan Chkdsk dan S.M.A.R.T Program. Jika Anda menemukan masalah, maka Anda dapat memperbaikinya dengan mudah saat itu juga, sehingga menghindari hard drive dari kegagalan pengoperasian.
  3. Jangan Membebani Hard Drive Eksternal Anda. Jangan mengisi hard drive eksternal Anda dengan data yang tidak penting. Hapus file yang tidak dibutuhkan lagi karena menambah keausan perangkat akibat terlalu penuh. Jika Anda tidak ingin menghapus file apa pun, kompreslah file Anda untuk memberi ruang pada HDD eksternal Anda.
  4. Tangani dengan hati-hati. Jangan melempar hardisk external 500 GB begitu saja, karena perangkat ini berisi data-data penting Anda. HDD eksternal harus ditangani dengan lebih hati-hati. Pastikan Anda menyimpannya di tempat yang tepat. Saat Anda membawanya ke satu tempat ke tempat lain, bungkuslah dalam kotak empuk.
  5. Pilih Permukaan HDD Eksternal dengan hati-hati. Hard drive eksternal harus ditempatkan pada permukaan yang rata, datar, dan tidak licin. Kerusakan fisik apa pun pada hard drive eksternal dapat menyebabkan masalah.
  6. Berhati-hatilah melepaskan kabel USB dari konektornya. Kabel USB harus dilepaskan dengan hati-hati dari konektor kabel. Jika Anda menariknya secara tiba-tiba dari konektor, maka konektor tersebut dapat rusak. Periksa juga apakah konektor USB rusak atau tidak. Jika rusak, jangan gunakan konektor USB tersebut.
  7. Defrag drive secara berkala. Sesekali defrag hard drive Anda untuk mengamankannya dari segala bentuk error.
  8. Cegah Over Heat. Putaran yang terus menerus menghasilkan panas yang ekstensif pada hard drive eksternal, yang tidak baik untuknya. Jadi, kurangi penggunaan untuk mengelola masalah panas berlebih pada drive eksternal Anda.
  9. Jangan Mencabut Hard Drive Eksternal Secara Tiba-tiba. Saat melepas hard drive eksternal dari komputer, gunakan opsi \"Safely Remove Hardware and Eject Media,\" alih-alih langsung mencabutnya. Ini akan mengurangi kemungkinan korupsi drive eksternal yang pada akhirnya menyebabkan kerusakan.
  10. Singkirkan Bad Sector. Jumlah bad sector yang berlebihan pada hard drive eksternal menyebabkan error drive. Oleh karena itu, gunakan alat bawaan Windows untuk memperbaiki bad sector dan memperpanjang masa pakai drive eksternal.

Baca juga:

Nah itu tadi sepuluh tips penting untuk memperpanjang masa pakai hard drive eksternal Anda. Jika Anda sedang mencari tempat untuk membeli hardisk external 500 GB yang berkualitas, pastikan untuk memilih-milih produknya di Shopee.

Shopee menyediakan berbagai macam perangkat elektronik original bergaransi dari seller-seller terkemuka di seluruh Indonesia. Jadi Anda bisa berbelanja dengan tenang.

Terlebih sekarang Shopee sudah memiliki sistem Shopee COD yang memungkinkan Anda untuk bayar di tempat apapun pesanan Anda.

Sistem ini sudah ada di berbagai daerah lho, jadi Anda tinggal pesan barang di Shopee dan membayarnya langsung melalui kurir.

Praktis dan aman, belanja tak perlu ribet dan repot lagi. Yang pasti, dengan Shopee COD keamanan belanja Anda akan semakin terjamin! (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: